Peningkatan Kompetensi dan Basis Ilmiah Melalui Kegiatan Proposal Coaching
Salah satu kegiatan yang konstruktif di jurusan bahasa dan sastra Arab UIN Imam Bonjol Padang adalah proposal coaching. Kegiatan ini bertujuan untuk penumbuhan dan peningkatan basis serta kompetensi ilmiah yang bermuara pada kapabilitas mahasiswa terhadap penyusunan proposal. Orientasi jurusan bahasa dan sastra Arab yang besar terhadap kajian keilmuan bahasa dan sastra Arab menjadi alasan yang representatitf untuk terciptanya kegiatan proposal coaching ini. Penyelesaian skripsi mahasiswa yang individual (tanpa bimbingan) cenderung kurang tersistematisasi dan substantif. Dengan ini, proposal coaching menjadi wadah untuk bimbingan sistematika penyusunan proposal yang baik dan pengarahan pada kajian bahasa dan sastra Arab yang substantif.
Aktifivitas proposal coaching ini bergerak di bawah bimbingan para dosen yang memang mumpuni dalam aspek metodologi penelitian serta kapabel dalam teknik penyusunan proposal maupun karya ilmiah. Dengan itu, kegiatan ini sangat kredibel bagi mahasiswa yang sering menemui kesulitan atau kebingungan dalam proses penyusunan proposal skripsi, terutama bagi mahasiswa semester akhir. Faktanya kegiatan yang berlangsung 1-3 kali dalam seminggu ini memang cukup banyak diikuti oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Imam Bonjol Padang. Aktivitas ini berlangsung dalam bentuk diskusi mengenai metodologi, kritik ilmiah terhadap proposal yang telah dibuat oleh mahasiswa, maupun arahan dan saran untuk perbaikan proposal dalam aspek sistematisasi maupun substansi.
Dengan respon yang antusias, output dari kegiatan proposal coaching telah melahirkan banyak dampak terhadap progresivitas penulisan proposal skripsi mahasiswa bahasa dan sastra Arab UIN Imam Bonjol Padang. Dalam kuantitas yang cukup banyak, proposal skripsi mahasiswa bahasa dan sastra Arab telah tersistematisasi dengan baik, bahkan terselesaikan dalam rentang waktu yang lebih efektif. Tidak hanya secara substansi, persoalan keterlambatan yang sering terjadi dalam proses penyelesaian proposal hingga skripsi dapat diatasi sebab juga berorientasi pada upaya penyelesaian yang bertarget.
Diharapkan aktivitas ini secara berkesinambungan menjadi wadah untuk peningkatan kompetensi ilmiah mahasiswa bahasa dan sastra Arab. Bahkan menjadi fasilitator dalam melahirkan kajian bahasa dan sastra Arab pada level ilmiah dengan kredibilitas yang lebih tinggi. Tidak hanya dalam penyusunan proposal skripsi utamanya, tetapi juga menjadi basis sentral untuk penulisan karya ilmiah lainnya.