Studium Generale Fakultas Adab dan Humaniora Bahas Islam dan Kebangsaan

Dr. Sudarman, S. Hum., MA

Padang, (16/3) - Studium Generale atau kuliah umum yang digelar oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat menggangkat tema terkait Islam dan Kebangsaan yang dilaksanakan di Aula Mansur Dt Nagari Basa, Jumat.Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Sudarman,MA menyebutkan stadium general kali ini sengaja mengangkatkan tema Islam dan Kebangsaan karena ada gerakan   yang sistematis ingin membenturkan Islam dengan kebangsaan.

"Mahasiswa harus diberikan perspektif tentang relasi islam dan kebangsaan, agar secara akademik mahasiswa memiliki argumentasi yang kuat untuk merespon isu-isu yang sengaja ingin merusak hubungan Islam dan Negara," katanya.

Deputi Kelembagaan dan Hubungan Masyarakat Sekretaris Negari RI, Prof. Dr. Dadan Wildan,M.Hum yang bertindak sebagai pembicara mempertegas bahwa relasi antara Islam dan Kebangsaan hari ini tidak perlu dikhawatirkan.

Selain itu ia menyebutkan mahasiswa tidak boleh terbawa dan terpengaruh oleh berita hoax, seperti Jokowi anti Islam dan kader komunis. Hal tetsebut adalah isu-isu yang disebarkan oleh orang-orang tertentu yang sengaja membuat kegaduhan.

"Jokowi sebagai presiden memiliki komitmen Keislaman yang baik," tegasnya.

Bupati Solok, Gusmal, SE, MM menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan Islam di tengah-tengah masyarakat melalui beberapa kebijakan yang bernuansa Syariah Islam.

"Salah satunya adalah menghidupkan subuh barakah dan mengagas sekolah negeri umum berbasis pesantren," ujarnya.