PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAHASISWA D3 ILMU PERPUSTAKAAN TAHUN 2018

Fauzi (Ketua Program D3 Ilmu Perpustakaan)

Sebanyak 185 mahasiswa program studi D3 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab & Humaniora, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan di 38 lokasi pada 10 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua bulan dari tanggal 08 Januari  s/d 02 Maret 2018.

Lokasi PKL mahasiswa terdapat di Kodya Bukittinggi, Kota Solok, Solok Selatan, Batusangkar, Agam, Payakumbuh, Padang Panjang, Pariaman, dan Kota Padang. Kegiatan PKL ini akan dibimbing oleh 15 orang DPL yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Panitia PKL, Drs. Zulkfili, M.Pd. mengatakan bahwa sebelum mereka diterjunkan ke lapangan, setiap mahasiswa dibekali dengan kemampuan personal diantaranya kemampuan memberikan kuliah tujuh menit (kultum), shalat Janazah, memimpin Shalat berjama’ah, di samping kompetensi utama lainnya sebagai ahli pengelola informasi.

Menurut laporan dari Ketua Jurusan,  Fauzi,,MA., Alhamdulillah saat ini banyak Instansi yang meminta Mahasiswa PKL dan juga Alumni Prodi D3  Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, baik melalui telepon atau datang sendiri ke Prodi. Informasi terbaru adalah  salah seorang alumni yang wisuda 27 Desember 2017 bernama Laras, A.Md. sudah diterima sebagai pegawai tetap di Pengadilan Tinggi Agama terhitung 2 Januari 2018 setelah mengikuti ujian yang ketat dengan muatan bahasa arabnya. Tidak hanya itu, malah masih ada permintaan dari Stack Holder yang sampai saat ini belum bisa dipenuhi karena sebagaian besar dari alumni tersebut sudah punya pekerjaan tetap.

Terakhir menurut Kaprodi, Alumni D3 Ilmu Perpustakaan diprioritaskan untuk mengisi kekurangan pengelola informasi di Instansi-Instansi Keagamaan seperti PTAIN, Madrasah-madrasah, Pondok Pesantren Modern, Pengadilan Agama, dsb. Ketika mereka tidak lulus di Instansi yang disebutkan di atas barulah mereka mengisi opsi kedua di Instansi-Instansi Umum karena memang disinilah distingsi mereka dari lembaga sejenis lainnya. Kita berharap semoga PKL tahun ini Insyaallah akan berjalan dengan lancar dan alumni kita tetap menjadi incaran dan andalan di Sumatera Barat.

Wassalam